Powered By Blogger

Minggu, 01 April 2012

Tugas Tulisan softskill (B.Inggris)


Apa itu Tomcat?

            Awalnya saya bingung apa itu tomcat? Tapi setelah nonton di TV dan searching-searching di Internet, eh… ternyata tomcat itu sejenis serangga, kaya nyamuk gitu tapi tomcat lebih berbahaya dari nyamuk. Kalau ada yang belum tau bentuk dari tomcat ini ada gambarnya. Berhubung saya dapet tugas untuk membuat tulisan, saya berfikir kenapa gak buat tulisan yang lumayan berguna, dengan postingan tentang tomcat, semoga berguna bagi semua yang membaca.
Setelah searching-searching yang keluar cuma gambar tom n jerry, keluar juga gambar serangga ini.ckckck… kalau mau tau lebih jelasnya cri-ciri tomcat itu :
1. Tubuhnya berwarna hitam kecoklatan dengan sayap berwarna biru kehitaman. Bagian perutnya berwarna oranye kemerah-merahan.
2. Tubuh hewan ini berukuran kurang dari 1cm, hewan ini biasanya hidup di pepohonan, daerah lembab, dan juga persawahan.
3. Dilihat sekilas, hewan ini mirip kaya semut api gitu.
4. Si Tom ini sangat tertarik pada cahaya, terutama cahaya lampu. Biasanya seh serangga ini terbang mengitari lampu.
5. Hewan ini biasanya terbang berkelompok namun hanya kelompok kecil, tapi kadang juga terbang sendirian.
Selama siang hari hewan ini aktif mencari makan. Menjelang senja, dia mulai mencari cahaya sembari mencari makanan. Tomcat juga berkembang biak di tempat lembab, larva dan telurnya didalam tanah. Lalu ketika besar dan menjadi kumbang dia berada di luar terrestrial-nya.
Tomcat juga punya racun di dalam tubuhya.Katanya sih racun tomcat 12x lebih kuat dari bisa ular kobra, tapi tidak mematikan. Jika mengenai kulit, efeknya cukup menyakitkan, ciri-ciri jika habis tersengat tomcat :
1. Gatal2 berwarna merah disertai peradangan, mirip dengan kaya kena herpes.
2. Kulit melepuh seperti terkena luka bakar
3. Akan menimbulkan nanah jika sampai parah.
Gejala ini biasanya berlangsung 2-3 minggu. 


Cara mencegah tomcat :
1. Jjka menemui tomcat, jangan “dipencet” kaya kita mencet nyamuk ato semut, soalnya biar racunnya gak keluar, masukin serangga ini ke plastik dan hindarkan ke tempat yang aman. Bisa juga mengusirnya dengan alat penyemprot serangga, pake raket nyamuk juga bisa.
2. Usahakan pintu selalu tertutup dan bila ada jendela sebaiknya diberi kawat nyamuk untuk mencegah Si Tom ini masuk ke dalam rumah.
3. Menjaga kebersihan kamar, rumah, dah lingkungan rumah. Periksa setiap sudut rumah, soalnya hewan ini suka ama tempat lembab.
4. Jika menemui hewan ini dalam jumlah yang banyak sebaiknya pada setiap lampu perlu diberi pelindung untuk mencegah hewan ini jatuh ke manusia.

1 komentar: