Powered By Blogger

Sabtu, 21 Desember 2013

Tugas Softskill (Perilaku Konsumen)

WACOM is...

Karena akhir-akhir ini saya sangat menyukai menggambar, saya mulai mencari-cari apa saja yang berkaitan dengan menggambar. Dari alat apa aja yang digunakan orang-orang yang emang udah expert di bidang gambar-menggambar ini, bagaimana cara-cara menggambar yang bagus sampai bahkan di instagram saya mem-follow orang-orang yang expert di bidang ini.
Salah satu alat yang dapat menunjang kita dalam proses menggambar yaitu Wacom. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu Wacom. WACOM memang lebih dikenal di kalangan para artis ilustrator, kartunis dan grafis. WACOM didirikan pada 12 Juli 1983 di Jepang, berpusat di Toyonodai Otonemachi, Kazo-shi, Saitama, Japan. Untuk Amerika, Markas besar terletak di Vancouver, Washington, dan untuk EMEA (Eropa, Timur Tengah dan Afrika) di Krefeld, Jerman.
Arti kata Wacom sendiri adalah “Wa” sebagai harmoni atau lingkaran, dan “Komu” untuk komputer. WACOM sebagai perangkat input sangat penting untuk mereka yang menggunakan stylus tanpa kabel, tanpa baterai dan Pena dengan tekanan sensitif yang sudah dipatenkan sebagai Pena Digital oleh WACOM. Selama ini teknologi WACOM sudah digunakan berbagai perusahaan terkemuka sebagai teknologi input grafis untuk beberapa komputer tablet, yang disebut ‘Penabled Technology’.
Begitu dominan WACOM diseluruh dunia pengguna Pena dan perangkat lunaknya, tercermin dalam pangsa pasar WACOM diseluruh dunia : pada akhir 2010, 85% pangsa pasar dunia adalah menggunakan WACOM sementara Di Jepang pada 2009 bahkan mencapai 93,8%. Berbagai produk dan teknologi WACOM digunakan berbagai smartphone dan tablet terkemuka di dunia.
Untuk perangkat WACOM sendiri tebagi dalam tiga kelas produk ; Bamboo sebagai yang paling sederhana, Intuos, Cintiq dan perangkat mobile yang disebut Inkling.
Pada Bamboo tablet, fitur unggulan WACOM adalah pena tanpa menggunakan baterai, karena pena di Wacom didukung oleh EMR (Electro Magnetic Resonance) technology seperti juga pada Intuos, juga beberapa model dapat menggunakan jari tangan (mengingatkan seperti “Cubit” dan “Dorong” pada produk Apple
Sementara di Intuos yang diperuntukkan para seniman grafis proffesional memiliki spesifikasi yang lebih tinggi serta memiliki tingkatan sensitif hingga 60 serta 2048 tingkat tekanan dengan dukungan teknologi EMR pada pen WACOM. Pada  Intuos5  memiliki resolusi 5080 garis per inchi. Sepeti juga pada Bamboo, untuk Intuos memiliki ukuran: Small (157.5 mm × 98.4 mm), Medium (223.5 mm × 139.7 mm), Large (325.1 mm × 203.2 mm) dan setiap model sama seperti Bamboo seri terbaru mampu dipasang Wireless Accessory Kit. Untuk Ukuran yang lebih besar masih menggunakan Intuos4 Extra Large (XL: 462 mm × 304.8 mm)
Cintiq adalah hybrid : sebagai tablet sekaligus layar, para pengguna menggunakan Cintiq untuk menggambar sekaligus diatas permukaan layar display langsung. Dikenalkan pada November 2007 Cintiq memiliki beberapa varian. 12 Inch, 21 Inch hingga 24 Inch.
Pada 21UX (21”, 1600×1200, 1024 Tingkat tekanan) bersama 12WX (12”) dan 20WSX (20”) diawal 2007 menggunakan Teknologi yang sama dengan  pena Intuos3 (1024 Tingkat tekanan), namun saat Intuos 4 dikenalkan, semuanya berubah menggunakan pena dengan  resolusi 2048 tingkat tekanan pada 2010.
Pada 13 September 2011, WACOM mengenalkan Cintiq terbaru dan terbesar;  24HD (DTK-2400). Dengan layar 24-inch (1920×1200) memiliki dudukan yang bisa diubah-ubah posisi dari berdiri, rata hingga menggantung dimeja untuk memudahkan para penggunanya.
Seri Cintiq yang terbaru yang dikenalkan pada Maret 2013 ini adalah Cintiq 13-inch HD pen display dengan dudukan yang bisa diubah-ubah seperti pada seri 24 Inch HD serta memiliki Pro Pen.
Produk-produk lain yang ada : Inkling, dimana semua pengguna bisa melakukan sketsa dengan detail dijalanan pada kertas sembarang, tetapi semua tekstur, layer dan sapuan pena dapat direkam dengan baik untuk ditransfer di komputer secara utuh. Inkling praktis digunakan mereka-mereka yang tak mau repot belajar lagi penggunaan alat-alat digital. Lalu WACOM juga memiliki berbagai Digital Pen, Stylus, Software (Bamboo Paper untuk iPad, Mac atau PC) serta asesoris lainnya ……***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar